gOcBFfQgcvRXYraS0bViCWF4WX0 Berucap Kasar, Sekjen FIFA Jerome Valcke Minta Maaf ke Pemerintah Brasil ~ Bolaklopedia

Official Sponsor

Selasa, 06 Maret 2012

Berucap Kasar, Sekjen FIFA Jerome Valcke Minta Maaf ke Pemerintah Brasil

Bola.net - Sekretaris Jenderal Badan Sepak Bola Dunia (FIFA), Jerome Valcke, meminta maaf pada Brasil, setelah ia mengecam persiapan Piala Dunia 2014 yang tidak sesuai jadwal, menurut pemerintah negara tersebut.

"Saya ingin menyampaikan permintaan maafku pada siapapun yang terganggu dengan komentar-komentarku," kata Valcke dalam surat yang ditujukan kepada menteri olahraga, Aldo Rebelo, demikian yang disampaikan departemennya.

Pekan lalu Valcke berkata bahwa Brazil memerlukan 'sepakan di bokong' untuk mempercepat pengerjaan infrastruktur penting, di mana hanya tinggal tersisa dua tahun sebelum ajang dunia dan Piala Dunia pertama di Brazil sejak 1950, dilangsungkan.

Pejabat senior departemen itu menambahkan bahwa ia 'sangat menyayangkan interpretasi yang keliru' dari komentar-komentarnya yang telah memicu reaksi kemarahan dari negara tuan rumah.

Ia mengklarifikasi bahwa dalam bahasa Prancis, frase 'se donner un coup de pied aux fesses' (memberi seseorang sepakan pada bokongnya) hanya bermakna 'untuk mempercepat langkah'. Terjemahan dalam bahwa Portugis menggunakan ekspresi yang lebih keras, ia menambahkan.

Pemerintah Brazil pada Sabtu menyatakan bahwa Valcke merupakan seorang 'pembual,' dan mengatakan bahwa mereka tidak lagi menganggapnya sebagai penghubung antara FIFA dan panitia penyelenggara Piala Dunia.

Pada Senin, Rebelo membuat pernyataan resmi pemerintah, dengan mengirim surat pada presiden FIFA, Sepp Blatter, di mana ia berkata bahwa mereka 'ketakutan' dengan komentar-komentar Valcke, demikian dilaporkan beberapa surat kabar Brazil.

Perselisihan ini terjadi sepekan sebelum Valcke melakukan inspeksi terbaru, untuk mengevaluasi bagaimana kemajuan pekerjaan di empat kota yang disiapkan untuk menjadi tuan rumah Piala Konfederasi tahun depan, yakni, Rio de Janeiro, Brasilia, Belo Horizonte, dan Fortaleza.

Piala Konfederasi, yang akan digunakan sebagai 'gladi resik' Piala Dunia, dijadwalkan akan dilangsungkan pada 15 Juni sampai 30 Juni 2013. Dua kota lainnya - Recife dan Salvador - masih menunggu persetujuan akhir dari FIFA dan panitia penyelenggara di Brazil.

Digelar setiap empat tahun, Piala Konfederasi mempertemukan juara dari keenam benua, ditambah dengan juara dunia, Spanyol, dan tuan rumah, Brazil.

Pada suratnya, Valcke menyebutkan bahwa terdapat kekhawatiran di pihak FIFA mengenai penundaan pengorganisasian Piala Dunia.

Namun ia juga mengatakan bahwa dirinya puas 'karena tidak ada masalah yang tidak dapat diatasi dengan usaha-usaha dari FIFA, komite penyelenggara lokal, dan pemerintah Brazil.' "Saya ingin mengulangi, seperti yang telah saya lakukan pada beberapa kesempatan, bahwa Brazil merupakan dan akan selalu menjadi satu-satunya pilihan untuk menjadi tuan rumah Piala (Dunia)," tambahnya.

FIFA, termasuk Blatter sendiri, selama beberapa bulan pernah melontarkan kritik terhadap penundaan pekerjaan stadion dan infrastruktur seperti hotel dan bandara, ditambah dengan fakta bahwa tenggat waktu yang ada sudah semakin dekat.

Tim inspeksi FIFA direncanakan akan tiba di Brazil pada Selasa, untuk melakukan pengecekan terhadap kemajuan pekerjaan di Sao Paulo, Porto Alegre, Curitiba, Cuiaba, Manaus, dan Natal, yang juga akan menjadi tuan rumah pertandingan pada 2014.  (afp/lex)

07 Mar, 2012


-
Source: http://www.bola.net/piala_dunia/berucap-kasar-sekjen-fifa-jerome-valcke-minta-maaf-ke-pemerintah-brasil-341ccb.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More