gOcBFfQgcvRXYraS0bViCWF4WX0 Yamaha Kembangkan Sistem Elektronik "Cerdas" Untuk YZR-M1 1000 ~ Bolaklopedia

Official Sponsor

Rabu, 07 Maret 2012

Yamaha Kembangkan Sistem Elektronik "Cerdas" Untuk YZR-M1 1000

Bola.net -
Divisi pengembangan teknologi motorsport Yamaha sedang mengembangkan teknologi perangkat elektronik mesin tingkat lanjut yang diklaim sebagai sistem manajemen mesin paling "cerdas" di ajang MotoGP.

Sistem ini akan dibuat khusus berdasarkan karakteristik mesin 1000cc yang akan digunakan pada tahun ini. Sistem elektronik yang ada sekarang masih menggunakan teknologi lanjutan dari mesin 800cc. Perangkat manajemen mesin yang digunakan oleh Yamaha M1 sekarang memang masih merupakan lanjutan dari versi 800cc karena Yamaha tidak merubah desain mesinnya yang menggunakan konfigurasi 4 silinder sejajar.

Tetapi penggunaan sistem perangkat manajemen mesin atau biasa dikenal dengan ECU (Engine Control Unit) dengan spesifikasi berbeda sangat diperlukan mengingat karakter motor 1000cc sudah sangat berbeda dengan motor 800cc.

Menurut Masahiko Nakajima yang merupakan General Manager Divisi Pengembangan Motorsport Yamaha, pihaknya telah melakukan beberapa perubahan terhadap sistem elektronik versi 800cc yang meliputi sistem kontrol traksi, wheelie control, dan engine braking untuk dapat disesuaikan dengan mesin 1000cc. 

Dalam pengembangannya, Yamaha dibantu oleh perusahaan pembuat sistem perangkat elektronik dari Italia, Magneti Marelli, yang juga membuat perangkat elektronik tim F1 Ferrari. sistem elektronik baru ini nantinya akan dapat memenuhi kebutuhan balap motor yang semakin kompleks pada saat ini. Ilustrasi yang diberikan oleh Nakajima adalah nantinya sistem elektronik ini akan bekerja seolah-olah sistem ini memiliki model "sepeda motor" di dalamnya atau terintegrasi. 

"Jadi nantinya komputer ini akan tahu jika sepeda motor ini ada dalam posisi roda depan terangkat, miring saat berada di dalam tikungan, mengerem, atau bahkan mengidentifikasi akan melewati tikungan mana di dalam sebuah sirkuit. Sistem elektronik  mesin kompetitor kami juga bekerja mirip seperti itu," ujar Nakajima.

Menurut Nakajima lagi, pada masa yang akan datang sistem elektronik ini akan membutuhkan model sepeda motor yang lebih detail dan juga akan memadukan antara kerja mesin dan reaksi rangka untuk dapat bekerja lebih harmonis.

"Jika seorang rider yakin dengan motornya, maka mereka akan lebih cepat lagi," imbuh Nakajima. Yamaha mungkin akan memperkenalkan penggunaan sistem elektronik terbaru secepatnya jika tes terhadap sistem tersebut hasilnya memuaskan.

 (ary/end)

08 Mar, 2012


-
Source: http://www.bola.net/otomotif/yamaha-kembangkan-sistem-elektronik-cerdas-untuk-yzr-m1-1000-d0f5ee.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More