gOcBFfQgcvRXYraS0bViCWF4WX0 Pemerintah Brasil Terima Permintaan Maaf FIFA ~ Bolaklopedia

Official Sponsor

Kamis, 08 Maret 2012

Pemerintah Brasil Terima Permintaan Maaf FIFA

Bola.net - Brasil menerima permintaan maaf FIFA atas ungkapan kontroversial Sekjen FIFA jelang Piala Dunia 2014, Kamis, dan menyiapkan waktu bagi Presiden Dilma Rousseff untuk bertemu dengan Ketua FIFA Sepp Blatter.

"Pemerintah federal menerima permintaan maaf FIFA dan berharap hal seperti ini tidak terjadi lagi," demikian pernyataan dari Kementerian Olahraga Brasil.

Sekjen FIFA Jerome Valcke menyebabkan terjadi pertikaian itu pekan lalu, ketika ia mengatakan panitia penyelenggara Piala Dunia 2014 membutuhkan "tendangan di bokongnya" agar proyek pembangunan sarana dan pra-sarana Piala Dunia berjalan sesuai jadwal.

Menteri Olahraga Aldo Rebelo mengatakan, ia sudah mengirim dua surat Kamis kepada FIFA - satu untuk Ketua FIFA Blatter dan satu lagi untuk Valcke. Isi surat itu, salah satunya menyebutkan President Rousseff akan bertemu dengan Blatter, tapi tanggalnya belum ditentukan.

Blatter secara pribadi menyatakan amat menyesal dengan kejadian itu dan minta maaf kepada Pemerintah Brasil, Selasa, satu hari setelah Valcke juga menyatakan hal sama.

FIFA sudah beberapa bulan ini menyatakan amat memperhatikan persiapan menjelang Piala Dunia - renovasi dan konstruksi stadion serta proyek infrastruktur - menjelang jadi tuan rumah Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1950.

Valcke mengatakan, ia amat menyesalkan terjadinya penerjemahan yang salah atas ucapannya itu, sehingga menimbulkan respons kemarahan dari petinggi di negara itu.

"Saya memohon maaf kepada setiap orang yang tersinggung atas komentar saya itu," kata Valcke yang berkebangsaan Prancis.

Ia menjelaskan, dalam bahasa Prancis, frase se donner un coup de pied aux fesses (menendang bagian belakang seseorang) hanya berarti "membuat jarak". Terjemahannya ke dalam bahasa Portugal menggunakan kata-kata keras, katanya.

"Saya heran mengapa segala sesuatunya di negara itu belum berjalan sesuai jadwal. Stadion tidak diperbaiki sesuai jadwal dan semuanya berjalan dengan lamban," kata Valcke Jumat lalu. (afp/row)

09 Mar, 2012


-
Source: http://www.bola.net/piala_dunia/pemerintah-brasil-terima-permintaan-maaf-fifa-b6c232.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More