gOcBFfQgcvRXYraS0bViCWF4WX0 Review: Chelsea ke Amsterdam ~ Bolaklopedia

Official Sponsor

Kamis, 02 Mei 2013

Review: Chelsea ke Amsterdam

Bola.net - Chelsea memastikan diri masuk final Liga Europa 2012/13 setelah menyingkirkan Basel dengan agregat 5-2 di babak empat besar. Menang 2-1 di Swiss pada leg pertama, The Blues tak terhadang berkat kemenangan 3-1 pada leg kedua.

Di Stamford Bridge, Jumat (03/5), Basel sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Mohamed Salah sesaat sebelum jeda. Namun, pasukan Rafael Benitez bangkit di babak kedua dan membalas melalui Fernando Torres, Victor Moses, serta David Luiz.

Tanpa playmaker andalan, Juan Mata, Chelsea seolah mengalami kebuntuan di babak pertama. Basel, yang dituntut meraih kemenangan away pertamanya di Eropa musim ini demi melangkah ke final, berhasil meredam serangan-serangan Chelsea dengan kedisiplinan barisan pertahanan dan penguasaan bola mereka.

Basel bahkan sanggup memecah kebuntuan di masa injury time babak pertama setelah operan Valentin Stocker sukses mengelabui back four Chelsea dan dituntaskan dengan sempurna oleh Salah. Agregat sementara 2-2 bertahan hingga jeda dan Basel merasa mereka punya harapan.

Namun, setelah jeda, harapan Basel musnah. Diawali gol tendangan kaki kanan Torres pada menit 50, Chelsea mulai menunjukkan kekuatannya. Dua menit setelah gol Torres, Moses melesakkan gol kedua Chelsea dan menempatkan Basel di bibir jurang.

The Blues pun melebarkan selisih skor menjadi 3-1 pada menit 59 ketika crossing Eden Hazard dari kiri dikontrol oleh Frank Lampard, yang kemudian mengalirkan bola kepada Luiz. Pemain Brasil itu lalu melepas first-time shot yang melesak ke dalam gawang Yann Sommer sekaligus mengakhiri perlawanan Basel.

Benitez lalu menarik Ramires, Hazard, dan Luiz untuk memberi tempat kepada Oscar, Mata, serta bek 18 tahun asal Belanda, Nathan Ake.

Basel sejatinya bisa mengimbangi Chelsea, baik dari segi penguasaan bola maupun penciptaan peluang, tapi mereka kalah kelas untuk urusan finishing di depan gawang. Ketangguhan Petr Cech di bawah mistar tuan rumah pun menjadi salah satu faktornya.

Setelah beberapa kali bertukar serangan di menit-menit penghabisan, tidak ada lagi gol yang tercipta hingga wasit Jonas Eriksson meniup peluit panjang.

Basel tersingkir, sedangkan Chelsea melangkah mantap ke final Eropa keduanya dalam dua tahun dengan agregat akhir 5-2. The Blues akan menghadapi Benfica pada partai puncak di Amsterdam Arena 15 Mei mendatang.

Susunan pemain Chelsea: Cech, Ivanovic, Luiz (Ake 82'), Cahill, Azpilicueta (kuning 56'), Bertrand, Ramires (Oscar 66'), Lampard, Hazard (Mata 75'), Torres, Moses.
Cadangan: Turnbull, Ferreira, Terry, Ake, Oscar, Benayoun, Mata.

Susunan pemain Basel: Sommer, Voser, Schar (kuning 67'), Sauro, Steinhofer (kuning 69'), Die (kuning 88'), Stocker (D Degen 62'), F Frei, Salah, Elneny, Streller (Zoua 62').
Cadangan: Vailati, Joo Ho, Ajeti, D Degen, Diaz, Cabral, Zoua.

Statistik Chelsea - Basel (via WhoScored)
Shots: 22 - 22
Shots on goal: 12 - 5
Penguasaan bola: 45% - 55%
Pelanggaran: 8 - 13
Corner: 7 - 4
Offside: 2 - 2
Kartu kuning: 1 - 3
Kartu merah: 0 - 0. (bola/gia)

03 May, 2013


-
Source: http://www.bola.net/uefa/review-chelsea-ke-amsterdam-710ecc.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More