gOcBFfQgcvRXYraS0bViCWF4WX0 Tak Menyanyikan Lagu Kebangsaan, Skuad Jerman Dikritik ~ Bolaklopedia

Official Sponsor

Rabu, 04 Juli 2012

Tak Menyanyikan Lagu Kebangsaan, Skuad Jerman Dikritik

Bola.net - Belum juga hilang kekecewaan mereka karena tersingkir oleh Italia, para pemain timnas Jerman kini dikritik banyak pihak karena tidak ikut menyanyikan lagu kebangsaan menjelang pertandingan semifinal Euro minggu lalu.

Tak seperti tim Azzurri yang terlihat sangat bersemangat menyanyikan lagu kebangsaan mereka, skuad Jerman rata-rata hanya diam ketika lagu dikumandangkan.

"Sudah sewajarnya para pemain ikut menyanyikan lagu kebangsaan. Mereka kan bermain untuk timnas, bukan untuk diri mereka sendiri," ujar perdana menteri negara bagian Hesse, Volker Bouffier, kepada harian Bild.

Perdana menteri Bavaria, Joachim Herrmann, mengatakan hal senada "Lagu kebangsaan adalah bagian dari pertandingan nasional dan timnas. Jika ada yang enggan menyanyikannya, harusnya dia tinggal di klub saja."

Di Jerman, adalah hak negara bagian yang bersangkutan untuk menentukan apakah murid-murid sekolah harus menghafal lagu kebangsaan. Di kota Bavaria yang konservatif, hal itu bersifat wajib. Sedangkan di Berlin, pilihan itu diserahkan pada guru.

Patriotisme memang masih menjadi isu sensitif di Jerman. Ini dipengaruhi oleh masa rezim Nazi regime, Perang Dunia II, dan terpecahnya negara tersebut menjadi Jerman Barat yang beraliran kapitalis dan Jerman Timur yang beraliran komunis.

Menurut sejarawan Paul Nolte, setelah dua era diktator yang melanggar simbol dan patriotisme Jerman, sebagian besar masyarakat tak tahu harus bersikap bagaimana dengan lagu kebangsaan mereka.

Musik dari lagu yang berjudul "Das Lied der Deutschen" itu sendiri diciptakan oleh Joseph Haydn pada tahun 1797. Penyair bernama August Heinrich Hoffmann von Fallersleben menambahkan lirik ke komposisi musik Haydn pada tahun 1841.

Lagu tersebut terkenal dengan baris pembukanya yang berbunyi: "Deutschland, Deutschland uber alles" ("Jerman, Jerman di atas segalanya"). Bagian ini dihilangkan setelah berakhirnya era Nazi.

Kini, mereka hanya menyanyikan bait ke tiga, yang dimulai dengan baris yang berarti "Persatuan, hukum, dan kemerdekaan bagi tanah air Jerman." (fft/syp)

04 Jul, 2012


-
Source: http://www.bola.net/piala_eropa/tak-menyanyikan-lagu-kebangsaan-skuad-jerman-dikritik-cc0e49.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More