gOcBFfQgcvRXYraS0bViCWF4WX0 Masahiko Nakajima: Yamaha M1 Butuh Akselerasi Lebih ~ Bolaklopedia

Official Sponsor

Kamis, 08 Maret 2012

Masahiko Nakajima: Yamaha M1 Butuh Akselerasi Lebih

Bola.net -
Pengembangan yang dilakukan untuk Yamaha M1 1000 tahun ini akan difokuskan untuk mengejar akselerasi. Hal ini dikemukakan oleh Masahiko Nakajima selaku General Manager Divisi Pengembangan Motorsport Yamaha.

Menurut Masahiko dari hasil pengolahan data selama musim balap tahun 2011, terlihat bahwa Yamaha M1 sering kalah dalam akselerasi, baik saat akan keluar tikungan maupun saat melaju di trek lurus jika dibandingkan rival terdekatnya, Honda RC212V.

Walaupun kelemahan M1 dapat ditutupi dengan fleksibilitas rangkanya saat menekuk tikungan, tetapi terkadang respon mesin tidak seperti yang diharapkan para pebalapnya saat melewati trek lurus.

"Terkadang kontrol traksi dan wheelie mengganggu kontrol pebalap itu sendiri. Saat pebalap ingin berakselerasi, dan ban belakang mulai spin atau berputar di tempat karena kelebihan torsi atau tenaga, kadang respon ECU terlambat atau bahkan salah. Maka dari itu ketepatan momen antara kontrol pebalap dan respon ECU menjadi sangat penting. Bisa dibilang ini adalah zona yang sangat kritis," tutur Nakajima.

Yamaha juga akhirnya mengubah rigiditas atau tingkat kekakuan rangkanya untuk dapat memenuhi target demi meningkatkan akselerasi M1. Karena mesin 1000cc memiliki torsi yang lebih besar, maka Yamaha mencoba memaksimalkan potensi untuk meningkatkan akselerasi, dan merekayasa karakternya supaya lebih ramah kepada pebalap sehingga motor tidak liar dan mudah dikendalikan.

 (ary/end)

08 Mar, 2012


-
Source: http://www.bola.net/otomotif/masahiko-nakajima-yamaha-m1-butuh-akselerasi-lebih-f8a820.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More